Sunday, November 11, 2007

TIM SAR ADAM AIR Temukan Kamera

jakarta 12 januari 2007

TIM SAR ADAM AIR Temukan Kamera

Tim SAR yang melakukan pencarian pesawat Adam Air secara besar-besaran di perairan Malusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan dan sekitarnya, Kamis(11/1), menemukan lagi sebuah kamera yang bisa dipakai memotret di dalam air serta rambut manusia yang melekat pada serpihan badan pesawat.
"Kami sedang menyelidiki kedua benda ini dan diharapkan memberi petunjuk apakah barang-barang ini milik penumpang pesawat Adam Air KI-574 yang hilang sejak 1 Januari 2007," kata Marsma Eddy Suyanto, SAR Mission Coordinator (SMC) kepada pers di Lanud Hasanuddin Makassar, Jumat.
Sebelumnya, Bakri, seorang nelayan dari dusun LojiE, desa Bojo, Kecamatan Malusetasi, Kabupaten Baru, menemukan potongan ekor pesawat bagian kanan belakang (tail horizontal stabilizer) pesawat nahas tersebut pada hari Rabu yang tersangkut di jala ikan.
Menyusul penemuan itu, tim SAR menggencarkan penyisiran di perairan tersebut dan menemukan sejumlah serpihan badan pesawat dan peralatan di dalam kabin seperti pelampung, meja, sabuk pengaman dan sobekan sayap pesawat yang hingga saat ini masih terus diteliti apakah benda-benda itu benar adalah milik pesawat Boeing 737-400 Adam Air yang dicari-cari selama dua pekan terakhir.
"Hingga saat ini, benda-benda itu belum dapat dipastikan apakah milik pesawat dan penumpang Adam Air," ujar Eddy Suyanto.
Namun, katanya, penemuan tersebut memberi petunjuk yang lebih kuat kepada tim SAR untuk mengintensifkan pencarian di laut terutama di perairan sekitar Parepare ke Utara sampai daerah Majene, Sulbar.
Personil SAR yang melakukan pencarian di daratan Tanah Toraja dan Polewali-Mandar telah ditarik untuk memperkuat Posko SAR di Parepare guna meningkatkan penyisiran di perairan tersebut. Pencarian di darat akan dilanjutkan bila ditemukan petunjuk baru keberadaan pesawat tersebut.
Sejumlah KRI dan KAL yang diperkuat oleh USNS Mary Sears dari Amerika Serikat, Baruna Jaya dari LIPI dan sebuah kapal Basarnas yang sebelumnya beroperasi di Mamuju, Sulawesi Barat, kini juga telah berada di perairan Majene untuk mencari keberadaan badan pesawat yang masih misterius itu.
pesawat-pesawat udara, terutama helikopter akan makin diintensifkan operasionalnya, termasuk dalam mempercepat evakuasi benda-benda temuan ke Posko Lanud Hasanuddin untuk diteliti lebih mendalam.
Terkait penemuan jenazah wanita di pelabuhan Nusantara Parepare, Kamis pagi, Eddy Suyanto mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini belum menerima hasil visum dari pihak kepolisian.
Namun ia pesimis bahwa jenazah itu adalah salah seorang penumpang Adam Air yang hilang dalam penerbangan Surabaya-Manado itu, karena bila itu memang penumpang pesawat yang jatuh di laut selama dua pekan terakhir ini, tidak mungkin jenazahnya masih utuh seperti jenazah yang diotopsi tersebut.


Wassalam

Rachmad
Independent
pemerhati public & media
rbacakoran at yahoo dot com