Friday, November 2, 2007

Launching Saham Syariah

Jakarta 10-09-2007


LAUNCHING SAHAM SYARIAH


Apakah CIMB Islamic Equity Growth Syariah Fund(IEGSF)?
Anda ingin memulai berinvestasi pada produk reksa dana berasis saham yang mendiversifikasikan portofolionya hingga ke pasar modal di luar negeri, dengan tetap mengacu pada prinsip-prinsip syariah? bagaimana bila anda memiliki kesempatan untuk ikut menikmati pertumbuhan ekonomi di asia, dengan berinvestasi di pasar modal yang dinamis seperti Hongkong, Singapura, Thailand, Malaysia dan Filipina?
Dengan CIMB Islamic Equity Growth Syariah fund, anda dapat menikmati kombinasi saham-saham yang terdiversifikasi dari pasar dalam dan luar negeri dengan maksimum alokasi sebesar 15% di saham luar negeri.
secara historis benchmark, Jakarta Islamic Index (JII), telah membukukan kinerja yang lebih baik daripada indeks harga saham Gabungan (IHSG) selama lima tahun terakhir.
Di samping itu, anda tidak perlu merasa khawatir karena manager Investasi yang sangat berkompetensi akan secara terus menerus memperhatikan kinerja CIMB IEGSF.
Anda dapat mendiversifikasi investasi anda dengan nilai Investasi awal yang terjangkau. Dalam jangka panjang Reksa Dana saham ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi imbal hasilnya.

Keuntungan apa saja yang anda dapatkan dari CIMB IEGSF, antara lain:
Investasi sesuai prinsip syariah memberikan kedamaian hati dan nurani.
Ethical product dengan nilai komersial yang kompetitif.
Investasi di pasar modal luar negeri dengan dana yang terjangkau.
Dalam jangka panjang, produk ini dapat memberikan potensi imbal hasil yang kompetitif.
Investasi di pasar modal luar negeri dengan dana yang terjangkau, tampa harus membuka rekening di luar negeri.
Diversifikasi portofolio investasi di pasar modal dalam dan luar negeri.
Pengelolaan investasi secara profesional oleh manager investasi yang handal.
pemantauan yang berkelanjutan, baik terhadap portofolio investasi, maupun kesesuaian dengan prinsip syariah.
Reksa Dana ini dilaunching pada hari ini, senin tanggal 10/09/2007 di Jakarta, berjenis saham dengan denominasi rupiah.
Imbalan jasa Manager investasi maksimal 1,5% per tahun. Imbalan Jasa bank Kustodian 0,11% per tahun.
Pembagian keuntungan, dibukukan kembali ke dalam Reksa dana sehingga selanjutnya akan meningkatkan Nilai Aktiva bersih (NAB).
Dengan pengelola Bank Kostodian Deutsche Bank AG, serta Manager Investasi CIMB-GK Securities Indonesia.


PT CIMB-GK Securities meluncurkan Reksa Dana Syariah pertama dengan Komponen Investasi Offshore

Reksa dana CIMB-IEGS memberikan akses bagi investor pada efek-efek offshore yang sesuai dengan prinsip syariah.
PT CIMB-GK Securities Indonesia hari ini,senin 10/9/07 meluncurkan Reksa Dana CIMB-IEGS, yang merupakan lanjutan dari seri reksa dana syariah dari perusahaan.
Chief Investment Officer dari CIMB-Principal Asset Management Berhad, yang juga merupakan sub advisor on offshore investment pada reksa dana ini, Raymond Tang menggaris bawahi,"CIMB IEGS merupakan reksa dana syariah berbasis saham pertama yang memiliki exposure ke beberapa negara di Asia Pasifik seperti Hongkong, Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina. Melalui produk ini investor mendapatkan keleluasaan untuk mendiversifikasi portofolio mereka pada saham-saham dari beberapa sektor unggulan, sebagai contoh sektor infrastruktur, bahan bangunan, pertambangan, utilities serta konstruksi.
Reksa dana CIMB IEGS memberikan potensi kepada investor untuk mendapatkan akses diversifikasi
pada perusahaan-perusahaan seperti Telkom Indonesia, perusahaan Gas Negara, Astra Internasional,Indofood dan Medco Energi. Perusahaan-perusahaan ini merupakan perusahaan-perusahaan domestik yang memenuhi kesesuaian syariah.
Sebagai contoh perusahaan-perusahaan offshore yang memenuhi kesesuaian syariah, termasuk di Singapura adalah Sembcorp Marine, salah satu perusahaan terbesar yang bergerak di bidang transportasi laut dan utilities, MTR corp yang juga bergerak di bidang trasportasi serta Global Telecom,perusahaan telekomunikasi terkemuka di Filipina.
"Semua investor, baik Muslim maupun non-Muslim, kini dapat memiliki akses investasi yang berpotensi di negeri ini dengan berinvestasi melalui distributor-distributor utama kami, yaitu Permata Bank, Permata Syariah, Standard Chartered Bank dan juga Bank Niaga(grup CIMB). Reksa Dana ini akan dijual secara nasional melalui cabang-cabang dari bank-bank tersebut. Investor dapat mengawali investasi dengan jumlah penempatan awal yang terjangkau" ujar Justarina Naiborhu, Direktur Asset Management PT CIMB-GK Securities Indonesia.
CIMB IEGS bertujuan memaksimalkan tingkat pengembalian (return) dalam jangka panjang, dengan mengalokasikan aset pada instrumen investasi yang terdiri dari saham dan pasar uang yang sesuai dengan prinsip syariah.
Reksa Dana CIMB IEGS bertujuan untuk memperoleh kenaikan hasil investasi dan tingkat pengembalian dalam jangka panjang melalui investasi di indonesia maupun investasi di luar negeri, yang sesuai dengan prinsip syariah. Secara umum,Reksa Dana ini akan melakukan investasi dengan komposisi/alokasi aset yang terdiri dari 90% saham dan 10% pasar uang.
Reksa Dana ini dapat melakukan investasi sampai 15% di luar negeri. PT CIMB-GK Securities Indonesia secara berkala akan melakukan review terhadap alokasi aset Reksa Dana tersebut dan melakukan perubahan secara bertahap atas instrumen investasi yang dianggap akan memberikan peluang untuk mencapai tujuan investasi.
Menurut Justarina,"investasi secara Syariah telah terbukti mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan investor. Kinerja Jakarta Islamic Index(JII), selama lebih dari 5 tahun terakhir, terbukti telah melampaui kinerja Jakarta Composite Index(IHSG) sebesar 48%, mampu memberikan tingkat pengembalian(return) sebesar 540.28%".
"Selain itu, investor akan memperoleh manfaat dari diversifikasi yang ditawarkan investasi offshore",ujar Justarina.
Biaya pembelian minimum yang dikenakan adalah 0,5%. CIMB IEGS diluncurkan dengan maksimum fund size 200 juta unit. Imbalan jasa agen penjual dan imbalan jasa managemen investasi maksimum yang dapat dikenakan adalah masing-masing sebesar maksimum 1,5% pertahun.
Untuk mendapatkan biaya 0% pada saat pencairan, disarankan nasabah untuk berinvestasi lebih dari satu tahun.


Wassalam

Rachmad
Independent
rbacakoran at yahoo dot com